Rabu, 22 Juli 2009

modul 12

MEMBUAT GROUPING DAN SUB TOTAL PADA REPORT

Seringkali dijumpai sebuah laporan yang disusun berdasarkan kelompok data tertentu,
misalkannya data pegawai (nama, jabatan, tunjangan) yang ditampilkan berdasarkan
golongan tertentu. Untuk membuat laporan semacam ini Kita dapat menggunakan
langkah pembuatan pada modul XI sebelumnya langkah 1 – 5 sama.
1. Buka latihan Kepegawaian
2. Pilih Objek Report dan Klik New
3. Pilih Report Wizard
4. Tentukan Data yang akan kita jadikan laporan, untuk latihan kali ini kita akan
membuat Laporan Gaji Pegawai pilih Query Total Penerimaan Gaji Pokok
5. Pilihlah Field NIP, NAMA, NM_JABATAN, TJ_JABATAN,
TUNJANGAN_SUAMI_ISTRI, TOTAL_TJ_ANAK, U_MAKAN,
IX_LEMBUR, ASKES, GPO, TOTAL_GAJI
6. Pada langkah ini kita diminta untuk menentukan field sebagai grouping levelnya
pilihlah NM_JABATAN sebagai kreteria groupingnya dengan mengklik panah >
(pada pembuatan laporan biasa langkah ini diabaikan)
7. Tentukan Field sebagai dasar pengurutan data pada latihan ini pilih NIP dan
NAMA sebagai dasar pengurutannya
8. Klik Summary Options untuk membuat Subtotal pada Report klik pada kotak
TOTAL_GAJI tandai Sum, Avg, Min dan Max dan Pilih Detail Summary klik
lalu OK
9. Tentukan Layout dengan memilih option seperti gambar dibawah ini
10.Pilih Style Report pada jendela yang disediakan lalu klik Next
11. Simpan nama report dengan nama “Laporan Penerimaan Gaji Pegawai” lalu klik
Finish
12. Maka Hasilkannya akan tampil sebagai berikut :
13. Lakukan Modifikasi atau Design agar laporan tampak lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar